Kegiatan Pemusnahan Arsip Subtantif

Yogya (27/4), Pengelolaan arsip kantor merupakan salah satu bagian penting dalam pekerjaan kantor untuk itu diperlukan ruang penyimpanan arsip yang baik. Saat ini Kantor imigrasi Jogja telah memiliki ruang penyimpanan arsip hanya saja kapasitasnya terbatas.

Arsip Kantor disimpan dalam bentuk arsip fisik maupun Digital, untuk arsip fisik dikarenakan keterbatasan ruang penyimpanan maka diperlukan Pemusnahan arsip. Pemusnahan ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah arsip yang terdapat dalam ruang arsip di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta. Arsip yang dimusnahkan adalah arsip yang telah disimpan lebih dari 3 tahun.

Pada hari senin (18/4) Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta  melakukan pemusnahan arsip fisik substantif keimigrasian. Jumlah arsip yang dimusnahkan sebanyak 116.046 berkas arsip DPRI dan WNA dari tahun 2013 sampai 2015. Pemusnahan tersebut dilakukan di PT Papertech Indonesia – Unit Magelang.

Pemusnahan ini disaksikan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Arsiparis Pertama Biro Umum, Kasubbid Dokumentasi & Informasi Hukum Kanwil DIY, serta Kasubbid INSARKOM Keimigrasian Kanwil DIY.

Tingkatkan Pengawasan Keimigrasian berbasis Teknologi Informasi dengan QR Code.

Berbagai terobosan telah dilakukan oleh imigrasi dalam rangka meningkatkan pengawasan orang asing di Indonesia diantaranya melalui APOA (Aplikasi Pelaporan Orang Asing) dan dibentuknya TIMPORA (Tim Pengawasan Orang Asing) .

Betempat di aula Kantor Imigrasi Yogyakarta (13/2/18) Kantor Imigrasi Yogyakarta menggelar Rapat Dalam Kantor (RDK) memperkenalkan Sistem Pengawasan Orang Asing berbasis TI menggunakan QR Code.

Dalam Pemanfaatan teknologi QR Code tidak hanya untuk memantau keberadaan orang asing tetapi dapat digunakan untuk pelaksanaan pemberian izin tinggal dan memudahkan penjamin, hotel dan pemilik penginapan melaporkan keberadaan orang asing demikian yang disampaikan oleh narasumber Yani Firdaus.

Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Universitas, Hotel, PHRI, Perusahaan dan pihak airlines dan ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Gunungkidul

Bertempat di Ruang Rapat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunungkidul Kantor Imigrasi Yogyakarta menggelar Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Gunungkidul

Rapat yang dilaksanakan pada Selasa 6 Maret 2018 ini dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta Syafrial dan dihadiri oleh seluruh anggota Timpora wilayah Gunungkidul. dalam pengarahannya Syafrial menyampaikan beberapa poin terkait pengawasan orang asing di wilayah Gunung Kidul diantaranya kondisi geografis dan pariwisata Kabupaten Gunungkidul menimbulkan potensi penyalahgunaan izin tinggal maupun pelanggaran dan permasalahan keimigrasian lainnya untuk itu perlu dilakukan Pengawasan terhadap orang asing untuk mengetahui kesesuaian antara jenis izin tinggal dan kegiatan orang asing yang bersangkutan sekaligus untuk mengetahui pelanggaran keimigrasian lainnya.

Jika kedapatan ada WNA yang melanggar maka pihak terkait dalam hal ini anggota Timpora dapat berkoordinasi dengan Imigrasi untuk penindakan pelanggaran keimigrasian terhadap WNA yang bersangkutan.

Pelayanan Perdana Paspor Calon Jemaah Haji 2018 di Kanim Jogja

Yogya (8/3), Setiap hari sabtu mulai 3 Maret 2018 Kantor Imigrasi Yogya kembali melaksanakan pelayanan paspor khusus calon Jemaah Haji 2018. Di hari pertama pelayanan sebanyak 256 jemaah yang berasal dari Gunungkidul melakukan proses foto dan wawancara.

Selain Kantor Imigrasi Yogyakarta pertanggal 5 Maret 2018 ULP Bantul juga melayani paspor khusus Jemaah Haji Bantul berjumlah 50 orang setiap harinya dihari kerja. Kegiatan Pelayanan Paspor khusus Jemaah Haji akan dilaksanakan sampai dengan hari sabtu tgl 31 Maret 2018.

Pelaksanaan pemberian paspor jemaah haji ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY dan Kementerian Agama Kabupaten Kota.

Siswa SD Tumbuh Yogyakarta Menggali informasi Pelayanan Keimigrasian

Yogya (29/1), Sebanyak 28 siswa dan didampingi oleh 4 orang Guru dari SD Tumbuh berkunjung ke Kantor Imigrasi Yogyakarta pada hari Kamis(25/1/2018), dalam rangka menggali informasi tentang Keimigrasian serta pelayanan Keimigrasian baik itu WNI maupun WNA.

Bertempat di aula kantor rombongan di terima oleh Kepala Seksi Informasi Ruddy Suwartono selaku tuan rumah. Dalam sambutannya beliau menjelaskan pengertian Keimigrasian dan pelayanan keimigrasian. Selanjutnya Para siswa diajak tour berkeliling Kantor untuk melihat seluk beluk kantor serta  tugas pokok dan fungsi setiap seksi yang ada di Kanim Jogja.

Dengan adanya kunjungan ini harapannya dapat menambah pengetahuan Keimigrasian untuk  SD tumbuh , khususnya mengerti cara pembuatan paspor dan menjelaskan kegunaannya.

Penyebaran Informasi Keimigrasian kepada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Tempel mengenai ’’Paspor dan TKI Non Prosedural”.

Yogya – Kalangan usia muda produktif pencari kerja rawan terkena tindak pidana perdagangan orang atau TKI Ilegal, diperlukan pemahaman dan informasi agar kejadian tersebut tidak terjadi. Diseminasi informasi berupa sosialisasi baik itu di media cetak dan elektronik telah dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta.

Selasa, (12/12/17) Kantor Imigrasi Yogya menerima kunjungan siswa SMK Muhammadiyah 1 Tempel, dalam kunjungan ini sekaligus memberikan sosialisasi mengenai Paspor dan TKI Nonprosedural.

Bertempat di aula Kantor imigrasi Yogyakarta, acara sosialisasi dipimpin oleh Kepala Seksi Informasi Keimigrasian Bapak Ruddy Suwartono. Beliau menyampaikan tata cara pengajuan permohonan dalam pembuatan paspor, tatacara pemberian ijin tinggal bagi WNA dan mengajak siswa untuk ikut peduli terhadap keberadaan orang asing yang berada di wilayahnya dan mengkoordinasikan kepada Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta apabila terindikasi terjadi pelanggaran serta memahami TKI Non Prosedural dan bagaimana pencegahan dan cara  menghindarinya.

Acara diakhiri sesi tanya jawab dan pemberian tanda mata dari SMK Muhammadiyah 1 Tempel.

,

Rapat Perihal Antrian Pelayanan Paspor Online Republik Indonesia

Kegiatan Rapat Dalam Kantordengan tema Antrian Pelayanan Paspor Online Republik Indonesia dilaksanakan diaula kantor imigrasi Yogyakarta senin, 20 september 2017

Rapat dihadiri oleh perwakilan biro travel danumroh serta awak media , dipimpin oleh Pak Didik dalam sambutannya menegaskanbahwa Kantor Imigrasi Jogja sudah tidak menerima permohonan paspor secara langsungatau walk in sehingga semua pemohon wajib mendaftar online dan bagi pemohonsekitar Kulonprogo dan Bantul tidak lama lagi akan segera didirikan ULP diBantul untuk mememecah pemohon paspor.