Kegiatan Pemusnahan Arsip Subtantif

Yogya (27/4), Pengelolaan arsip kantor merupakan salah satu bagian penting dalam pekerjaan kantor untuk itu diperlukan ruang penyimpanan arsip yang baik. Saat ini Kantor imigrasi Jogja telah memiliki ruang penyimpanan arsip hanya saja kapasitasnya terbatas.

Arsip Kantor disimpan dalam bentuk arsip fisik maupun Digital, untuk arsip fisik dikarenakan keterbatasan ruang penyimpanan maka diperlukan Pemusnahan arsip. Pemusnahan ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah arsip yang terdapat dalam ruang arsip di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta. Arsip yang dimusnahkan adalah arsip yang telah disimpan lebih dari 3 tahun.

Pada hari senin (18/4) Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta  melakukan pemusnahan arsip fisik substantif keimigrasian. Jumlah arsip yang dimusnahkan sebanyak 116.046 berkas arsip DPRI dan WNA dari tahun 2013 sampai 2015. Pemusnahan tersebut dilakukan di PT Papertech Indonesia – Unit Magelang.

Pemusnahan ini disaksikan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Arsiparis Pertama Biro Umum, Kasubbid Dokumentasi & Informasi Hukum Kanwil DIY, serta Kasubbid INSARKOM Keimigrasian Kanwil DIY.