Penerbitan Paspor Menggunakan Mobile Unit Bagi Orang Sakit

Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta—Sabtu (29/02). Guna terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya penerbitan paspor, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta melalui Seksi Lalu Lintas Keimigrasian memberikan pelayanan paspor jemput bola bagi orang sakit dengan alat khusus yang disebut dengan mobile unit paspor. Dengan layanan prima ini, orang sakit yang diwakili oleh pihak keluarga dan telah melakukan mengajukan permohonan ke kantor Imigrasi Yogyakarta tidak perlu lagi datang ke Kantor Imigrasi untuk melakukan pengambilan photo dan biometric karena Petugas Imigrasi yang akan mendatangi pemohon di rumah sakit atau tempat yang ditentukan. Petugas akan menggunakan perangkat mobile unit paspor guna melakukan perekaman data.

Menurut Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Shalahuddin Al Ayubi Mobile unit paspor ini difungsikan bila ada pemohon yang sedang sakit, namun tidak bisa datang ke kantor Imigrasi untuk membuat paspor yang digunakan untuk berobat keluar negeri. “Pasien tidak perlu lagi mendatangi Kantor Imigrasi, kami yang datang untuk mengambil photo dan biometrik,” tuturnya lebih lanjut. Untuk bisa mendapatkan layanan ini, keluarga pasien (pemohon paspor) mengajukan permohonan yang ditujukan kepada kantor imigrasi dengan membawa persyaratan utama pembuatan paspor ditambah dengan surat keterangan dari rumah sakit dan surat permohonan dari yang bersangkutan atau keluarganya. Setelah permohonan diperiksa dan disetujui, petugas pun akan mendatangi pemohon paspor untuk orang sakit tersebut.

Pelayanan paspor jemput bola ini telah dilaksanakan terhadap pemohon paspor anak atas nama Devan Ramadity Wijaya berusia 7 bulan didiagnosa kanker darah dan harus segera di rujuk ke rumah sakit Kuala Lumpur. Pengambilan biometrik dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Sardjito.