Sosialisasi Prosedur Penerbitan Paspor Haji Bagi Calon Jamaah Haji Tahun 2021

Yogyakarta – Guna mempersiapkan dokumen perjalanan haji berupa paspor bagi jamaah haji, pada hari Selasa dan Rabu (25&26/02) di Masjid Diponegoro Komplek Perkantoran Walikota Yogyakarta dilaksanakan Sosialisasi Prosedur Penerbitan Paspor Haji Bagi Jamaah Haji Tahun 2021. Diikuti oleh 200 calon jamaah haji tahun 2021 Kota Yogyakarta.

Acara yang dibagi menjadi 2 (dua) hari ini dibuka oleh Kakankemenag Kota Yogyakarta dan dilanjutkan pemberian materi tentang Pelayanan Penerbitan Paspor Bagi Calon Jamaah Haji pada hari pertama oleh Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian dan hari kedua oleh Kepala Seksi Lalu Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian.

Paspor merupakan dokumen yang sangat penting bagi perjalanan ibadah haji, untuk itu dalam proses pembuatan paspor sebaiknya jamaah mengisi formulir dengan benar dan memberikan data yang benar dalam proses pembuatan paspor supaya terhindar dari duplikasi. Bagi jamaah yang tidak mempunyai akta kelahiran dimohon untuk segera membuat akta lahir di kantor catatan sipil, begitu pula dengan akta nikah dan ijasah.

Dalam pengisian formulir Perdim 11 untuk kelengkapan persyaratan pembuatan paspor. Bila nama jamaah masih 2 kata, bisa ditambahkan nama bapaknya tetapi bila namanya hanya satu kata, ditambahkan juga nama kakeknya. Semua syarat-syarat pembuatan paspor akan dibantu oleh staf PHU sehingga apa yang menjadi syarat dari Kantor Imigrasi dalam penerbitan paspor bisa lengkap dan tercukupi.