Optimalkan Pengelolaan Media Informasi, Seksi Tikkim Gelar Rapat Dalam Kantor

Sleman, Yogyakarta—Rabu (18/03). Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta optimalkan pengelolaan media informasi dan fungsi kehumasan dengan menggelar Rapat Dalam Kantor (RDK) tentang perumusan strategi kehumasan, dokumentasi, dan pengelolaan media informasi di ruang aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta. Rapat ini dihadiri oleh pejabat struktural, JFT dan JFU Seksi Tikkim serta Kepala Divisi Keimigrasian pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta, Hermansyah Siregar.

Pada sambutannya, Kadivim menyampaikan bahwa tujuan RDK ini adalah untuk meningkatkan kapasitas serta manajemen SDM di lingkungan Kantor Imigrasi Yogyakarta khususnya yang membidangi kehumasan dalam hal pengelolaan media informasi. “kehumasan merupakan corong lembaga yang mana mempunyai tugas penting yaitu menginformasikan kegiatan-kegiatan yang ada di imigrasi Yogyakarta” lanjutnya. Hermanysah menambahkan bahwa kegiatan RDK tersebut merupakan salah satu bentuk semangat Kantor Imigrasi Yogyakarta dalam melaksanakan kewajiban terkait keterbukaan informasi publik yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang.

Saat pemaparan, narasumber Agung Sampurno selaku JFT keimigrasian ahli madya yang pernah pula menjabat sebagai Kasubag Humas Direktorat Jenderal Imigrasi menyampaikan materi tentang pengelolaan media informasi. Materi yang dipaparkan meliputi keterbukaan informasi publik, peliputan, dokumentasi dan pengelolaan media informasi, utamanya tentang bagaimana mengelola informasi sebisa mungkin untuk mencari hal-hal yang menarik yang dapat di ekspose. Selain itu, dalam penyajiannya informasi harus memperhatikan target pembaca. Lebih lanjut, beliau menyampaikan pentingnya kerja sama instansi seperti imigrasi dengan awak media.