Kadivim Menjadi Narasumber Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Kulon Progo Bersama Plt Kepala Kesbangpol

Kulon Progo, Yogyakarta—Rabu (24/6). Kepala Divisi Keimigrasian pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta, Yayan Indrayana menjadi salah satu narasumber pada acara rapat koordi   nasi tim pengawasan orang asing pasca pandemic Covid-19 di wilayah kabupaten Kulon Progo. Rapat yang di laksanakan di Gedung sermo Kantor Bupati Kulon Progo ini juga menghadirkan plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kulon Progo, Budi Hartono dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Yusup Umardani sebagai moderator.

Rapat koordinasi dihadiri beberapa Instansi dan Lembaga Pemerintah terkait dalam tim pengawasan orang asing dibawah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik seperti Polri, TNI, BIN, Kejaksaan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan KKP. Kadivim mengatakan “Penanganan masalah orang asing bukan hanya menjadi tugas imigrasi saja, akan tetapi masalah ini sudah menjadi tugas bersama Instansi terkait yang menjadi lebih berat ketimbang sebelumnya terlebih pada masa pandemi ini. Dalam kesempatan ini Yayan berharap TIMPORA tingkat kabupaten ini dapat menjadi wadah komunikasi antar aparat pemerintah untuk melakukan pertukaran informasi antar instansi sebagai upaya bersama dalam rangka pengawasan orang asing di Kabpuaten Kulon Progo.

Kakanim yang bertindak sebagai moderator juga memberikan pemahaman bahwa pengawasan orang asing merupakan tanggung jawab bersama untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia.