Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Ajak Untuk Terus Benahi Diri Guna Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Sleman, Yogyakarta—Senin (10/8). Ketua tim pokja dan beberapa perwakilan ZI dan WBK mengikuti video conference “Evaluasi Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM pada Jajaran Imigrasi” di ruang secretariat ZI dan WBK Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Jalan Solo. Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi pada Kementerian Hukum dan HAM ini menghadirkan Staf Ahli Menteri Bidang Politik dan Keamanan, Ambeg Paramarta sebagai narasumber.

Acara penguatan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK dan WBBM) bertujuan untuk memberikan masukan, arahan, dan motivasi kepada seluruh jajaran keimigrasian untuk terus berbenah diri guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga dapat meraih gelar Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK dan WBBM). Ambeg menyampaikan pesan Menteri Hukum dan HAM dalam paparannya agar tidak ada praktek percaloan, bebas pungli, petugas memberikan pelayanan secara responsive, prosedur yang jelas, biaya yang transparan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kepastian waktu penyelesaian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Menteri Hukum dan HAM memerintahkan kepada seluruh kepala kantor wilayah, kepala divisi, kepala UPT untuk:berperan aktif dan saling bersinergi untuk terus meningkatkan pemahaman internalisasi pembangunan zona integritas seluruh satuan kerja di wilayahnya,” imbuh Ambeg. Selanjutnya Ambeg mengungkapkan dalam video conference bahwa Anggota kelompok kerja unit pelaksana teknis harus paham tentang komponen WBK/WBBM dalam penerapannya. Tim ZI dari Kantor Imigrasi bisa solid dengan melakukan penguatan baik internal maupun eksternal antar instansi.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta merupakan satu dari 85 satuan kerja dari Direktorat Jenderal Imigrasi dibawah Kementerian Hukum dan HAM yang diusulkan sebagai kantor dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi. Dibawah pimpinan yang baru, Andri Indrady, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta berkomitmen tinggi untuk terus memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, khususnya yang ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan melakukan inovasi-inovasi dibidang pelayanan seperti Unit Kerja Keimigrasian di Universitas Gadjah Mada yang telah beroperasi dan EazyPassport.