Sinergitas Dengan Bea Cukai Menggelar Kegiatan Layanan Eazy Paspport

Sleman, Yogyakarta – Rabu (9/9) Berdasarkan Surat Edaran Nomor : IMI-1060.GR.01.01 TAHUN 2020 tentang Layanan Eazy Passport Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta melaksanakan kembali layanan jemput bola pembuatan paspor di masa pandemi Covid-19 yang dinamakan Eazy Passport yaitu Pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobile unit Passport, saat ini kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bea Cukai DI. Yogyakarta dan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DI. Yogyakarta, Indro Purwoko, Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta, Andry Indrady Kepala Kantor Bea Cukai DI. Yogyakarta, Hengky Tomuan Parlindungan Aritonang.

Kegiatan layanan Eazy Passport ini merupakan inovasi dan kolaborasi dengan Kantor Bea Cukai DI. Yogyakarta dalam pemberian layanan paspor kepada pegawai Bea Cukai dan keluarganya, terobosan ini merupakan implementasi dari kebijakan Direktorat Jenderal Imigrasi untuk mendekatkan pelayanan pembuatan paspor kepada masyarakat, kegiatan Eazy Passport ini juga merupakan kegiatan yang menjangkau masyarakat yang berada di luar lingkungan Kantor Imigrasi dimana masyarakat tidak perlu mendatangi Kantor Imigrasi namun petugas akan mendatangi.

Dalam sambutan pembuka Kepala Kantor Bea Cukai DI. Yogyakarta, Hengky Tomuan Parlindungan Aritonang mengungkapkan bahwa “Atas nama pegawai Kantor Bea Cukai DI. Yogyakarta mengucapkan terima kasih atas diselenggarakan program layanan Eazy Passport dan kegiatan ini akan kita laporkan kepada Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai kami yang berada di Semarang, kegiatan ini menjadi special dikarenakan hubungan yang sebelumnya sudah terjalin baik antara Bea Cukai dan Imigrasi khususnya di Bandar Udara Internasional dengan adanya CIQ (Cusstom, Immigration and Quarantine) adalah sebatas  hubungan tugas, maka saat ini terjadi sinergitas lain dalam bentuk program Pelayanan Eazy Passport kepada pegawai Bea Cukai dan berharap kolaborasi lain akan terjalin juga seperti dalam bentuk olah raga bersepeda atau olah raga lainnya”, ungkap Hengky.

Dalam kesempatan ini pula Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DI. Yogyakarta, Indro Purwoko menyampaikan bahwa “kegiatan ini mencerminkan sinergitas antara Imigrasi dan Bea Cukai yang sudah terjalin sangat baik selama ini, dan kerjasama seperti ini diharapkan nantinya juga dapat dilakukan dengan instansi lainnya, saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Imigrasi dan Bea Cukai dengan melaksanakan program dari Direktorat Jenderal Imigrasi, selain kerjasama ini tentunya diharapkan kerjasama dan sinergitas lain seperti yang disampaikan Kepala Kantor Bea Cukai dapat melalui olah raga bersepeda”, Jelas Indro.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DI. Yogyakarta juga berpesan bahwa dalam kegiatan ini tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang ketat karena sekarang fenomenanya adalah penularan Covid-19 ini lebih banyak ditularkan oleh Orang Tanpa Gejala (OTG), baik petugas maupun pemohon diharapkan tetap memperhatikan hal tersebut.

Sebelum meninggalkan acara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DI. Yogyakarta saling bertukar cendramata dan foto bersama sebelum meninjau langsung jalannya kegiatan pelayanan Eazy Passport di Kantor Bea Cukai DI. Yogyakarta.