Internalisasi Hukum Administrasi Negara Dalam Pelaksanaan Tusi Keimigrasian

Sleman, Yogyakarta—Kamis (19/11). Seluruh pejabat struktural, JFT, dan JFU pada bagian umum Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta serta adik-adik taruna politeknik keimigrasian yang sedang melakukan praktik kerja lapangan mengikuti kegiatan penguatan hukum administrasi negara guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian. Hadir sebagai pembicara adalah Tri Atmojo Sejati yang merupakan Kepala Biro Hukum dan Humas pada Lembaga Administrasi Negara. Acara yang digelar di aula yang dilaksanakan di aula Kantor Imigrasi Yogyakarta ini juga dihadiri oleh Kepala Divis Keimigrasian dan Kepala Sub Bidang Perizinan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Yogyakarta, Yayan Indriana dan Saiful Bahtiar.

Acara yang diselenggarakan sebagai bentuk pelaksanaan Corporate University yang ada di Kantor Imigrasi Yogyakarta ini diharapkan dapat menambah pengetahuan para pejabat struktural dan pegawai tentang hukum adminitrasi negara khususnya terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian. Dalam paparannya, Tri Atmojo Sejati menyampaikan beberapa hal, yaitu Keimigrasian sebagai Fungsi Administrasi Pemerintahan, implementasi Undang-undang administrasi pemerintahan termasuk konsekuensi penyalahgunaan wewenang yang harus dihindari.

“Sebagai pejabat publik yang bekerja dalam pemerintahan, setiap keputusan ataupun tindakan yang dilakukan terkait bidang keimigrasian pasti memiliki potensi risiko hukum. Apabila sejak awal kita berlaku abai, maka akan terjadi permasalahan di belakang yang semakin membesar yang menyebabkan kita kesulitan untuk melakukan trace back, pemenuhan persyaratan, dan sebagainya”, ungkap Tri.

Tri Atmojo juga menjelaskan pentingnya bagi pejabat publik untuk memperhatikan bahwa pemahaman akan permasalahan hukum administrasi. Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah para pejabat dan pegawai dapat sedikit lebih mengetahui bagaimana memahami semua keputusan dan tindakan yang kita lakukan itu baik secara wewenang, substansi, dan prosedur adalah benar. Sebelum diakhiri dengan foto bersama, ada beberapa pertanyaan yang diajukan pegawai dan taruna politeknik keimigrasian terkait hukum administrasi pemerintahan.