Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta Mengikuti Kegiatan Audiensi Kepala Kantor Wilayah Dengan Gubernur DI. Yogyakarta

Yogyakarta – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Daerah Istimewa Yogyakarta, Budi Sarwono dan Kepala Divisi Keimigrasian, Yayan Indriana beserta Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta, Andry Indrady melaksanakan audiensi dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Kamis (7/1/21). Audiensi tersebut dilaksanakan guna membahas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Isu dalam Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 menyatakan bahwa tempat pemeriksaan imigrasi hanya di tujuh bandara dan belum termasuk bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Hal ini menjadikan Yogyakarta tidak dapat menerima orang asing atau penerbangan internasional. Padahal kondisi Yogyakarta dengan destinasi wisata yang sangat banyak tentu akan menarik banyak wisatawan mancanegara.

Menanggapi audiensi tersebut, Sri Sultan Hamengkubuwono X turut menyambut baik dan akan memberikan rekomendasi kepada Kemenkum HAM terkait evaluasi Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020.

“Ngarso Dalem sangat mendukung sekali karena keberadaan Yogyakarta juga sudah siap untuk menerima penerbangan internasional, pembenahan infrastruktur di Yogyakarta, dan pengembangan destinasi yang cukup signifikan, sehingga beliau sangat mendukung dan akan segera membuat surat kepada kementerian Hukum dan HAM terkait dengan evaluasi Permenkum HAM Nomor 26 Tahun 2020 dan Kementerian Kesehatan, dan Kemenpan-RB terkait peningkatan kelas KKP yang berada di DIY,” terangnya di Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY.