Kantor Imigrasi Yogyakarta Menggelar Deklarasi Janji Kinerja Sebagai Awal Untuk Raih Predikat Wilayah Birokrasi, Bersih Dan Melayani Di Tahun 2021

Sleman, Yogyakarta Rabu (24/02) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta menyelenggarakan penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2021 dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), turut hadir secara langsung dalam acara tersebut  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM D.I. Yogyakarta, Budi Sarwono, Kepala Perwakilan Ombudsman D.I Yogyakarta, Budhi Masturi, Wakil Kepala Kepolisian Daerah D.I. Yogyakarta, R. Slamet Santoso, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Sleman, Rahajeng Dinar Hanggar Jani, Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM D.I. Yogyakarta serta seluruh Pejabat Strukturak Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta.

Dalam Sambutannya Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Andry= Indrady menyampaikan “bahwa kegiatan tersebut merupakan turunan dari tingkat kementerian. Hal tersebut sudah dilakukan di lingkungan menteri dan pejabat eselon satu di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Deklarasi yang digelar Rabu (24/2/2021) tersebut merupakan tindak lanjut dari amanat menteri”, ujar Andry.

Sebelumnya pada tahun 2020, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta telah berhasil meraih prestasi yang membanggakan diantaranya berhasil meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Selain itu, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta juga berhasil menjadi satuan kerja dengan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik untuk level Kantor Imigrasi Kelas I se-Indonesia.

“Tahun 2020 kita mendapat WBK, mudah-mudahan di tahun 2021 kantor imigrasi Yogyakarta bisa mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi, Bersih dan Melayani (WBBM),” lanjut Andry.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta juga menyampaikan bahwa acara Deklarasi Kinerja dilaksanakan sebagai bentuk komitmen jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta dalam melaksanakan Pembangunan Zona Integritas pada tahun 2021 yaitu meraih predikat  WBBM. Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani atau WWBM adalah penghargaan yang lebih tinggi lagi, Andry menegaskan, “dengan semakin tingginya target yang ingin dipenuhi, pekerjaan rumah menjadi lebih banyak dan para staffnya harus bekerja lebih keras, meski demikian, Andry juga meyakini bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin, hal yang penting adalah usaha”, Jelas Andry.

Belajar dari pengalaman di tahun 2020 kekurangan yang ingin ditingkatkan adalah pelayanan yang bersifat humanis. Artinya, petugas tidak sekedar melayani masyarakat, namun benar-benar memberikan sepenuhnya pelayanan dari hati, sehingga tercipta pelayanan yang prima dan menyenangkan hati masyarakat dalam menerima pelayanan dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta dengan tetap berpedoman kepada aturan yang telah ditetapkan.

Pelayanan Prima harus diterapkan dari mulai tingkatan satpam, customer service dan sebagainya mereka harus punya kesadaran untuk melayani dengan hati, selain itu untuk bisa meraih WBBM kuncinya adalah dengan melakukan inovasi dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia serta bagaimana inovasi yang berbasis teknologi informasi bersama dengan SDM yang merefleksikan pelayanan dengan hati, dan tentunya Pimpinannnya harus memberikan motivasi, kemudian memberikan contoh,” imbuh Andry.