Kakanim Pimpin Internalisasi Reformasi Birokrasi dalam Pembangunan ZI Guna Meraih Predikat WBBM

Sleman, Yogyakarta—Rabu (10/3). Pembangunan Zona Integritas sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan publik yang berkualitas sangatlah penting guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, bukan hanya sekedar meraih predikat. Demi meraih hal itu, Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta, Andry Indrady memimpin internalisasi reformasi birokrasi dalam pembangunan zona integritas. Bertempat di Aula Kantor, acara yang diikuti secara tatap muka dan daring oleh semua tim pokja baik ketua dan anggota RB dan ZI ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang program dan kegiatan reformasi birokrasi serta arah birokrasi reformasi ke depan.

Dalam sambutannya Kepala Kantor mengatakan bahwa reformasi birokrasi telah jauh dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM sejak lama dan akan terus dilakukan. Selain itu, Andry menekankan bahwa acara ini sangatlah penting guna memberikan arahan kepada seluruh komponen yang ada di kantor imigrasi tentang hal yang harus dilakukan ke depan, khususnya perubahan paradigma baru sehingga dalam melaksanakan reformasi birokrasi dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Internalisasi ini diharapkan mampu membangkitkan semangat pokja dalam hal meningkatkan penilaian ZI dan RB serta serapan anggaran pada Kantor Imigrasi Yogyakarta.

Pada tahun 2020 Kantor Imigrasi Yogyakarta telah melaksakan 8 area perubahan dan hasilnya cukup memuaskan dengan torehan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan tahun ini berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan demi meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Delapan area perubahan berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB adalah perubahan organisasi, tata laksana, peraturan perundang-undangan, SDM aparatur, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik serta pola pikir dan budaya kerja.