Kakanim Dukung dan Hadiri Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57

Kota Yogyakarta, Yogyakarta —Selasa (27/4). Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Andry Indrady menghadiri peringatan Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-57 Tahun 2021 yang diikuti oleh seluruh pimpinan tinggi pratama serta kepala UPT pada kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta di Aula Kantor Kementerian Hukum dan HAM wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Upacara yang berlangsung secara virtual berpusat di Graha Pengayoman Jakarta mengusung tema “Akselerasi Adaptasi, Pemasyarakatan PASTI MaJu,” rangkaian upacara HBP Ke-57 dihadiri Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kemenkumham, Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta dan Jawa Barat, Kepala Divisi Pemasyarakatan DKI Jakarta dan Jawa Barat, serta perwakilan UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Indonesia.

Pada sambutannya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan menyampaikan bahwa pemasyarakatan sendiri harus memiliki kemampuan untuk membangun kapasitas pribadi para pelanggar hukum sehingga muncul pribadi yang lebih baik melalui pembinaan berkesinambungan, sistematis, dan terarah dengan mengedepankan perlakuan yang manusiawi dan menghormati hak-hak mereka sebagai manusia. “Inilah keyakinan yang perlu diperjuangkan, disebarkan, dan ditularkan agar menjadi kesadaran kolektif dan akhirnya menjadi budaya bersama sehingga kita mampu memaknai 57 tahun sebagai perjalanan menuju perubahan yang lebih baik,” tutur Mahfud.

Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-57 harus bisa menjadi sebuah momentum penting untuk merefleksikan kembali cita-cita para pendahulu dan peletak dasar Pemasyarakatan. Seluruh jajaran Pemasyarakatan juga harus mulai membiasakan diri dengan tatanan kehidupan baru sesuai semangat “Akselerasi Adaptasi, Pemasyarakatan PASTI MaJu”, ujar Mahfud lebih lanjut.

Selain upacara HBP secara virtual di aula Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta, rangkaian acara peringatan hari bhakti pemasyarakatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada beberapa UPT Pemasyarakatan serta mitra kerjanya yang berada di bawah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Kepala Kantor Wilayah, Budi Argap Situngkir.

Dalam acara ini, diberikan penghargaan kepada 3 unit pelaksana teknis pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham D. I. Yogyakarta. 3 unit pelaksana teknis pemasyarakatan yang berhasil menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan diantaranya kategori balai pemasyarakatan terbaik pertama diraih Bapas Kelas I Yogyakarta, kategori rumah penyimpanan benda sitaan negara terbaik ketiga diraih Rupbasan Kelas II Wates, kategori rumah tahanan negara terbaik ketiga diraih Rutan Kelas IIA Yogyakarta.

Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta hadir dalam acara ini guna memberikan dukungan dan support atas kemajuan dan inovasi yang telah dilakukan jajaran pemasyarakatan yang ada di Indonesia secara umum dan yang ada di wilayah Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta.