Kakanim Internalisasikan Dua Kunci Utama Penerapan Nilai-Nilai Pembangunan Zona Integritas

Sleman, Yogyakarta—Jumat (16/4). Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Andry Indrady mengajak seluruh komponen yang ada pada Kantor Imigrasi Yogyakarta untuk selalu memiliki komitmen yang tinggi dalam memberikan pelayanan terbaik sebagai penerapan reformasi birokrasi pada kegiatan internalisasi RB di aula kantor. Kegiatan yang dilaksanakan dengan menghadirkan seluruh pejabat struktural, ketua kelompok kerja pembangunan ZI menuju WBBM, serta beberapa perwakilan anggota kelompok kerja yang bertujuan untuk memotivasi dan mengingatkan arah kebijakan Kantor Imigrasi Yogyakarta guna memberikan pelayanan terbaik.

 

Kegiatan internalisasi sangatlah penting sebagai salah satu wadah untuk membedah atau mengulas program-program atau kebijakan terkait pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju WBBM yang diambil baik oleh Kementerian Hukum dan HAM, Direktorat Jenderal Imigrasi, maupun Kantor sebagai unit terkecil sehingga seluruh komponen pada Kantor Imigrasi Yogyakarta dapat terus meningkatkan kinerja. “Membangun manusia lebih jauh lagi berarti membangun mindset aparatur sipil negara tidak hanya untuk enggan, malu, namun juga merasa bersalah melakukan tindak pidana korupsi/tindakan tercela lainnya. Proses membangun mindset bukan merupakan pekerjaan yang mudah mengingat banyak faktor penghambat, hingga ditemukan keengganan bahkan penolakan. Selain itu pula diperlukan waktu yang tidak singkat dengan pembiasaan yang terus menerus,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta, Andry Indrady.

Pada pembangunan zona integritas, setiap entitas pada kantor imigrasi, tidak hanya pemimpin atau pejabat strukturalnya saja, harus bisa menjadi role model. Namun, memang tidak bisa dipungkiri bahwa pimpinan adalah salah satu faktor penting dalam penerapan “keteladanan” ini.  Jika seorang pemimpin menghendaki bawahan berintegritas, maka pemimpin harus lebih berintegritas. Jika pemimpin menghendaki bawahan disiplin, jujur, kerja keras dan tepat waktu, maka pemimpin harus dapat menunjukan kepada bawahan sifat disiplin, kerja keras dan lebih dapat menghargai waktu. Semua ini perlu diwujudkan oleh seorang pemimpin dalam upaya membangun kepercayaan bawahan, sehingga dapat terbentuk team work yang solid.

Kantor Imigrasi Yogyakarta berupaya keras guna mewujudkan pelayanan prima melalui perbaikan kinerja dan pelayanan kepada publik. Kepala kantor berpesan kepada seluruh pegawai agar bisa andil dalam hal ini. “Kepada seluruh pegawai agar bisa untuk turut serta dalam mensukseskan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia terkhusus di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta. Saya minta semuanya terlibat dan berperan aktif,” tutupnya.

Beberapa hal inilah yang terus-menerus digaungkan oleh Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta dalam setiap kegiatan kantor sehingga maksud dan tujuan pencanangan Zona Integritas dapat tercapai. Dalam kegiatan ini, ketua kelompok kerja pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM juga diberikan kesempatan menyampaikan beberapa kendala dan masalah terkait pelaksanaan pembangunan zona integritas sehingga dapat ditemukan pemecahan dan solusi atas permasalahan tersebut.