Periksa Kelengkapan Administrasi dan Keberadaan WNA, Kantor Imigrasi Yogyakarta Laksanakan Operasi Gabungan

Kulon Progo, Yogyakarta —Jumat (04/6). Kantor Imigrasi Yogyakarta bersama-sama dengan tim dari Kepolisian Resort Kulon Progo dan Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan operasi gabungan pengawasan Orang Asing di PT Woneel Midas Leathers Gunungkidul di kecamatan Semin serta beberapa orang asing yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Acara dimulai dengan briefing sekaligus coffee morning oleh Kepala Kantor Imigrasi, Andry Indrady. Kakanim berpesan kepada seluruh tim pengawasan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Pada kesempatan itu, kepala kantor juga meminta tim untuk mencocokan data orang asing sebelum melaksanakan pengawasan dan selalu waspada terhadap pelanggaran yang mungkin terjadi sesuai dengan peraturan di instansi masing-masing. Tim kemudian bergerak menuju Kabupaten Kulon Progo yang memakan waktu 2 jam.

Sebelum menuju ke beberapa lokasi target pengawasan, tim gabungan dari Kantor Imigrasi Yogyakarta dan Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta berkumpul di Kepolisian Resort Kabupaten Gunung Kidul guna membahas teknis pelaksanaan operasi gabungan yang di p impin oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta, Yayan Indriana. Tim tiba di pabrik yang bergerak di bidang pengolahan tekstil yang hasilnya adalah sarung tangan olahraga milik PT Woneel Midas Leathers pada pukul 10:00 dan langsung di terima oleh Manager perusahaan. Pada operasi pengawasan di perusahaan ini ditemukan beberapa WNA yang bekerja sebagai tenaga ahli dari Korea dan Cina. Selain memeriksa berkas-berkas administrasi, tim gabungan juga melaksanakan pengecekan situasi dan kondisi di pabrik dan tidak menemukan kejanggalan maupun pelanggaran.

Selain memeriksa perusahaan yang memperkerjakan WNA, tim operasi gabungan juga memeriksa keberadaan beberapa orang asing yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. WNA yang diperiksa berasal dari beberapa negara, antara lain Belanda, Nepal, India, dan Inggris. Kantor Imigrasi Yogyakarta terus berupaya menggandeng beberapa stakeholder atau instansi-instansi yang terkait dengan pengawasan orang asing guna meningkatkan efektifitas pengawasan orang asing yang berada di wilayah kerjanya.