Ini Kegunaan Paspor Selain Untuk Pergi Keluar Negeri Yang Perlu Kamu Tahu

Masyarakat pada umumnya mengenal fungsi paspor sebagai dokumen perjalanan antar negara, baik itu masuk maupun keluar. Hal itu tidaklah sepenuhnya salah karena memang, fungsi utama dari paspor adalah sebagai dokumen yang digunakan seseorang untuk dapat berpergian masuk dan keluar dari satu negara ke negara lain. Tapi tahukan Sobat Mido jika ada beberapa kegunaan lain paspor yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya? Apalagi menggunakan paspor di dalam negeri, emang bisa? Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan dengan paspormu, mengingat juga pandemi, dimana akan sangat sulit bagi kita untuk berpergian keluar negeri.

  1. Membuka Rekening Bank

Pasti banyak dari sobat Mido yang sudah tidak asing dengan kegunaan paspor sebagai identitas diri untuk membuka rekening bank. Benar sekali, hampir semua bank di Indonesia memperbolehkan calon customernya untuk menggunakan paspor sebagai identitas diri untuk membuka rekening bank. Jadi, paspor disini juga bisa bertindak sebagai identitas diri selain KTP yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dibawah Kementerian Dalam Negeri maupun SIM yang diterbitkan oleh Kepolisian Indonesia.

  1. Check-in di Hotel

Bagi kalian yang sering berpergian, menginap di hotel merupakan hal yang biasa. Salah satu tahapan penting dalam menginap di hotel selain memesan ataupun membayar biaya, tentu jelas adalah check-in ketike kita tiba di hotel. Pihak manajemen hotel akan meminta setiap identitas diri tamu yang menginap di hotel mereka. Lazimnya, tamu penginapan akan menunjukkan KTP sebagai identitas diri yang direkam dalam database tamu hotel. Namun, kamu juga bisa menggunakan paspor untuk keperluan check-in hotel, meskipun hotel itu berada di negaramu sendiri.

Senior female filling in registration form at reception

  1. Memesan Tiket di Aplikasi

Salah satu kegunaan paspor di dalam negeri selanjutnya adalah untuk booking atau memesan tiket melaui aplikasi. Seperti layaknya KTP ataupun SIM, Sobat Mido juga bisa menggunakan paspor sebagai identitas diri untuk memesan tiket, baik itu tiket pesawat maupun tiket kereta api. Penggunaannya juga cukup mudah seperti KTP ataupun SIM. Kamu tinggal menginput atau memasukkan data paspormu kedalam aplikasi pemesanan tiket. Namun perlu diingat pula, jika kamu menggunakan paspor untuk memesan tiket, kamu perlu membawa paspormu saat proses check in.

  1. Verifikasi Akun Digital

Kita hidup di masa dunia digital berkembang begitu pesat. Sangat banyak perusahaan digital lahir di masa ini. Keamanan merupakan salah satu faktor yang sangat diperhatikan oleh hampir semua perusahaan digital, apalagi seperti fintech, online shopping, hingga media sosial. Verifikasi data diri menjadi hal lazim saat ini dan perlu Sobat Mido ketahui, jika paspor juga bisa digunakan sebagai identitas diri untuk melakukan verifikasi akun digital yang kita miliki.

Nah, itu dia beberapa kegunaan atau manfaat paspor indonesia selain untuk berpergian keluar negeri. Mengingat paspor merupakan dokumen negara yang sangat vital, sangat penting untuk Sobat Mido selalu menjaga paspor kalian baik-baik agar tidak hilang maupun rusak.