Butuh Data Paspor Lama Yang Hilang, Ini Cara Mudahnya

Lagi butuh paspor untuk pergi urusan kantor keluar negeri, tapi ternyata paspor kita hilang. Apesnya lagi sekarang kita berdomisili di Jakarta, sedang paspor kita keluaran Imigrasi Yogyakarta. Ke kantor polisi mau mengajukan surat kehilangan, tapi butuh data paspor lama dan kita tidak punya itu. Lengkap sudah penderitaan kita. Eits, jangan khawatir, mas Karyo punya solusi termudah dan tercepat, terbaik untuk mendapatkan salinan data paspor lama kamu. Bagi sobat karyo yang merasa informasi ini adalah yang kamu butuhkan, silakan bikin kopi lalu baca artikel ini.

Persyaratan Penggantian Paspor Hilang

Salah satu persyaratan yang harus dilampirkan ketika akan melakukan pergantian paspor karena hilang adalah surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Mayoritas kantor polisi mengisyaratkan pemohon surat kehilangan detail barang yang hilang, termasuk paspor. untuk itu, pihak kepolisian akan menanyakan beberapa poin penting tentang paspor yang dilaporkan hilang, seperti identitas (nama), nomor paspor, dan tempat pengeluaran paspor. Tentu tidak semua pemegang paspor menghafal detail paspornya dan cara termudah adalah dengan mendapatkan salinan paspor yang hilang. Lalu bagaimana jika kamu tidak mempunyai salinan tersebut dan diperparah dengan kamu tinggal jauh dari kantor imigrasi yang mengeluarkan paspor lamamu.

Hanya Kantor Imigrasi Pengeluar Yang Punya Data

Sejak menerapkan sistem e-office pada tahun 2006, sarana pelayanan keimigrasian menjadi terkoneksi antara Unit Pelaksana Teknis (UPT) dengan Kantor Wilayah serta Direktorat Jenderal Imigrasi dan Direktorat Jenderal Imigrasi. Hal ini pulalah yang menjadi awal mula pelayanan keimigrasian dapat dilakukan di semua kantor imigrasi. Sebagai contoh, masyarakat dapat membuat paspor di seluruh UPT keimigrasian baik yang ada di Indonesia, maupun yang ada diluar negeri. Jadi, pemilik KTP Jakarta dapat mengajukan permohonan paspor di kantor imigrasi Yogyakarta. Namun, dibalik kecanggihan system e-office dan demi alasan keamanan dan kontrol, hanya kantor imigrasi pengeluar paspor yang dapat melihat data paspor lama. Mudahnya, hanya paspor lama keluaran kantor imigrasi Yogyakarta yang bisa dilihat datanya oleh Kantor Imigrasi Yogyakarta.

Pemohon Sudah Tidak Berada Di Luar Wilayah

Kita akan langsung mengambil contoh kasus. Bagi kamu yang mempunyai paspor lama keluaran kantor imigrasi Yogyakarta dan hilang, sementara sekarang sudah pindah dan tinggal di Jakarta, namun membutuhkan salinan data paspor lama, ada beberapa solusi yang bisa diambil, antara lain:

  1. Datang langsung

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan salinan paspor lama adalah dengan datang langsung ke kantor imigrasi yang mengeluarkan paspor. silakan datang ke kantor imigrasi dan menuju Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian untuk mendapatkan salinan paspor lama. Namun, cara ini memang tidak begitu efektif bagi pemohon yang telah pindah dan jauh dari kantor imigrasi pengeluar paspor lama.

  1. Via daring

Cara yang dikenal paling efektif, mudah, dan tidak memakan waktu yang lama, sangat cocok bagi kamu yang butuh salinan paspor lama dalam waktu yang mendesak atau berada diluar kota. Apa yang harus dilakukan adalah dengan menghubungi kantor imigrasi melalui daring.

Permintaan Data Paspor Lama Di Kantor Imigrasi Yogyakarta

Bagi kamu pemilik paspor lama keluaran Kantor Imigrasi Yogyakarta dan menginginkan salinan paspor lama yang hilang, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Siapkan identitas pemilik paspor (eKTP/SIM), rubah menjadi format digital warna (JPG/PDF);
  2. Hubungi kantor imigrasi Yogyakarta melalui email (imigrasi.jogja@gmail.com) atau whatsapp (08112578223). Sampaikan bahwa kamu membutuhkan salinan paspor lama;
  3. Petugas akan membalas dengan memberikan form informasi yang harus diisi; dan
  4. Pemohon akan mendapatkan salinan paspor lama.

Itulah tadi langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan salinan paspor lama guna mengurus surat hilang di kepolisian untuk mengajukan permohonan penggantian paspor karena hilang. Cukup mudah bukan dan yang perlu diingat, kamu bisa mendapatkan salinan paspor lama ini tanpa biaya alias GRATIS.