,

Lomba Membatik oleh Warga Negara Asing Dalam Rangka Hari Bhakti Imigrasi Ke-69

Dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-69 di tahun 2019, Kantor Imigrasi kelas I TPI Yogyakarta mengadakan kegiatan Lomba Membatik yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2019 dimulai pada pukul 08.00 sampai 11.00 WIB bertempat di Pendopo Kridha Manunggal Budaya yang beralamat di Gadingan RT 03/RW 08, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman.

Didukung oleh berbagai universitas yang ada di Yogyakarta, kegiatan ini di tujukan untuk para mahasiswa asing dan warga Negara asing yang saat ini sedang malaksanakan studi dan tinggal di Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta dalam memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada warga mancanegara. Karena bertumpu pada misi kebudayaan, pendaftaran kegiatan ini tentu saja tidak dipungut biaya apapun. Hadiah akan diberikan kepada tiga peserta dengan karya terbaiknya. Para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut akan dinilai karyanya dari makna, kreatifitas, estetika, orisinalitas, dan kemampuan peserta dalam memanfaatkan logo imigrasi pada desain motif batik yang dibuat. Karya juga tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi

Adapun konsep Lomba Membatik yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta ini adalah membatik dengan media kain mori dan menggunakan canting. Walaupun tidak dipungut biaya apapun, peserta lomba tidak diwajibkan membawa peralatan sendiri karena semuanya sudah disediakan oleh panitia, termasuk kain mori, malam, canting, dan kompornya.

Lomba Membatik ini diharapkan akan dapat menjadi media yang baik dalam pelestarian budaya Indonesia, terutama di wilayah Yogyakarta, di mata warga mancanegara. Selain itu, hal ini juga dapat memperjelas eksistensi batik sebagai identitas budaya Indonesia.

,

Kegiatan Bhakti Sosial di Panti Asuhan dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi yang Ke-69

Anjangsana atau bhakti sosial di Panti Asuhan, merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan yang dilakukan, dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi yang Ke-69.

Bertempat di Panti Asuhan Balita Madania Yogyakarta, kegiatan Anjangsana dilakukan pada Jumat, 18 Desember 2019, pukul 10.00 WIB.

Kegiatan yang kemudian berakhir pada pukul 12.00 WIB ini, dihadiri oleh beberapa perwakilan pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Ketua Dharma Wanita, beberapa anggota Dharma Wanita, juga pengurus dan anak-anak Panti Asuhan Balita Madania.

Adapun kegiatan yang dilakukan, berupa kunjungan dan pemberian sejumlah bantuan berupa tempat tidur, dan bahan makanan, kepada Panti Asuhan Balita Madania. Pemberian bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan didampingi oleh Ketua Dharma Wanita.

Anjangsana yang berlangsung dengan suasana yang haru dan berbahagia ini, diharapkan membawa pesan dan dampak yang positif, secara khusus di lingkungan pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, maupun bagi masyarakat, untuk terus peduli dan berbagi kepada sesama.

,

Pengumuman Paspor simpatik

,

Penguatan Tata Cara Hukuman Disiplin bagi ASN

Jogja (28/9), Instansi pemerintah yang baik didukung oleh ASN (Aparatur Sipil Negara) yang profesional berdedikasi dan juga memiliki disiplin kerja yang baik dan jika melanggar akan diberikan hukuman disiplin.

Rabu (26/9/18) Kantor Imigrasi Yogyakarta mengundang Inspektur Wilayah VI Kemenkumham RI Bapak Samadan untuk memberikan penguatan khususnya kepada kepegawaian. Kegiatan diisi dengan pemaparan mengenai tata cara penjatuhan hukuman disiplin bagi ASN dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

,

Rapat Dalam Kantor Penyusunan Standar Pelayanan Publik

Jogja(28/9), Kegiatan Rapat dalam Kantor dilaksanakan dalam rangka penyusunan standar pelayanan publik untuk mendukung pelaksanaan Zona Integritas Satuan Kerja menuju WBK/WBBM.

Bertempat di aula kantor imigrasi Jogja pada hari selasa (25/9/18) rapat dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta, hadir dalam pelaksanaan yaitu Inspektur Wilayah VI, Ombudsman, akademisi dari beberapa universitas, mahasiswa dan masyarakat umum.

Paparan disampaikan oleh Inspektur Wilayah VI Kemenkumham RI Bapak Samadan , beliau menyampaikan bahwa standar pelayanan di Jogja sudah sesuai dengan pusat, tinggal mensosialisakan kepada masyarakat dan meminta masukan dari masyarakat agar standar pelayanan yang dibuat sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Acara ditutup dengan penandatanganan berita acara penetapan pelayanan dan foto bersama.