,

Lomba Membatik oleh Warga Negara Asing Dalam Rangka Hari Bhakti Imigrasi Ke-69

Dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-69 di tahun 2019, Kantor Imigrasi kelas I TPI Yogyakarta mengadakan kegiatan Lomba Membatik yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2019 dimulai pada pukul 08.00 sampai 11.00 WIB bertempat di Pendopo Kridha Manunggal Budaya yang beralamat di Gadingan RT 03/RW 08, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman.

Didukung oleh berbagai universitas yang ada di Yogyakarta, kegiatan ini di tujukan untuk para mahasiswa asing dan warga Negara asing yang saat ini sedang malaksanakan studi dan tinggal di Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta dalam memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada warga mancanegara. Karena bertumpu pada misi kebudayaan, pendaftaran kegiatan ini tentu saja tidak dipungut biaya apapun. Hadiah akan diberikan kepada tiga peserta dengan karya terbaiknya. Para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut akan dinilai karyanya dari makna, kreatifitas, estetika, orisinalitas, dan kemampuan peserta dalam memanfaatkan logo imigrasi pada desain motif batik yang dibuat. Karya juga tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi

Adapun konsep Lomba Membatik yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta ini adalah membatik dengan media kain mori dan menggunakan canting. Walaupun tidak dipungut biaya apapun, peserta lomba tidak diwajibkan membawa peralatan sendiri karena semuanya sudah disediakan oleh panitia, termasuk kain mori, malam, canting, dan kompornya.

Lomba Membatik ini diharapkan akan dapat menjadi media yang baik dalam pelestarian budaya Indonesia, terutama di wilayah Yogyakarta, di mata warga mancanegara. Selain itu, hal ini juga dapat memperjelas eksistensi batik sebagai identitas budaya Indonesia.