,

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Mengadakan Upacara Peringatan untuk Mengenang Jasa Para Pahlawan

            Kantor Imigrasi kelas I TPI Yogyakarta melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Imigrasi kelas I TPI Yogyakarta, Selasa (1/10/2019).

            Upacara dimulai pada pukul 07.30, diikuti oleh seluruh pegawai, honorer, dan mahasiswa PKL. Bertindak sebagai instruktur upacara, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Sutrisno.

            Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan hal penting bagi masyarakat Indonesia sekaligus sejarah yang kelam. Pada hari itu, terjadi pembunuhan 7 Perwira TNI AD (Pahlawan Revolusi) atas kesetiaannya kepada Pancasila sebagai dasar negara, sehingga mereka dibantai secara keji oleh PKI dalam kudeta berdarah yang disebut dengan G30S/PKI. Gejolak yang timbul akibat G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

            Momentum Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober ini menjadi saat yang tepat bagi msyarakat untuk merefleksikan pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila. Nilai-nilai itulah yang kemudian kita pahami sebagai sumber kekuatan dan energi untuk membangun kembali jati diri bangsa dengan melakukan perubahan yang lebih baik lagi.

            Selain untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, juga dilaksanakan penyerahan kenaikan pangkat kepada Rokhmao Imam Pujivanto, S.H. dan Raden Chaidir, S.H.