,

Peringatan Hari Batik Nasional oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta

Tepat pada tanggal 2 Oktober 2009 secara resmi batik diakui sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia oleh UNESCO. Oleh karena itu, setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari Batik Nasional. Momentum ini dirayakan dengan mengenakan batik bagi pelajar, pekerja kantoran (PNS atau swasta), sampai pejabat pemerintah.

            Selasa, 2 Oktober 2019 kantor Imigrasi Yogyakarta ikut serta dalam memperingati hari batik Nasional. Wujud peringatan tersebut terlihat dari segenap pegawai, honorer, dan mahasiswa PKL yang turut mengenakan batik pada hari Batik Nasional. Selain itu penggunaan batik bertujuan untuk menunjukkan ciri khas masyarakat Indonesia dengan hasil budayanya sendiri.

            Dulunya batik hanya dikenakan dalam wilayah kerajaan. Batik menjadi sesuatu yang ‘ningrat’ dan eksklusif. Ia hanya digunakan sebagai pakaian raja dan para pembesar kerajaan. Dengan demikian akan sangat memagari perkembangan batik jika hanya dikenakan oleh para pembesar kerajaan saja. Oleh karena itu, dengan adanya kesadaran akan batik sebagai hasil budaya lokal, maka melebarluaslah perkembangan batik dan penggunaannya.

            Bagi Masyarakat Indonesia, batik dapat dikenakan dalam berbagai kesempatan, dari momen penting, formal, hingga rutinitas harian.