Cara Mengatasi Email Tidak Valid Pada M-Paspor; 99,99% Work
Aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor) merupakan sahabat baik bagi masyarakat yang akan mengajukan permohonan paspor di kantor imigrasi. Dengan aplikasi ini, pemohon tidak perlu lagi mengantri di kantor imigrasi dari pagi hari seperti yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Menawarkan banyak fitur yang menguntungkan serta memudahkan permohonan paspor, aplikasi yang bisa ditemukan di playstore untuk android atau Appstore untuk iOS dengan menggunakan kata kunci “M Paspor†ini terkadang mengalami gangguan atau error layaknya aplikasi lain. Berikut, kita akan memberikan beberapa tips dan trick ketika berhadapan dengan error m-paspor seperti email tidak valid dan masih banyak lagi.
Email tidak valid
Persoalan yang sering muncul saat pemohon tidak sabar menunggu proses loading saat pendaftaran akun pada aplikasi m paspor yaitu email tidak valid. Selain itu, gangguan server dari m-paspor juga bisa menyebabkan masalah ini terjadi. Pun, dengan koneksi internet dari smartphone yang pemohon gunakan untuk aplikasi m-paspor.
Bagi pemohon yang menemukan permasalah seperti ini, yaitu muncul pesan error “email tidak valid†solusinya cukuplah mudah. Pemohon hanya perlu kembali ke menu utama pada halaman login dan klik pilihan “lupa kata sandiâ€. Setelah itu masukan email yang digunakan untuk mendaftar sebelumnya. Kode OTP akan terkirim ke email tersebut dan segera bisa dimasukkan kedalam isian pada aplikasi. Akan muncul pilihan untuk mengganti kata sandi dan silakan perbarui kata sandi. Setelah semua selesai, pemohon dapat langsung masuk ke halaman pendaftaran antrian paspor dan meneruskan ke proses selanjutnya.
Jika Kode OTP belum juga terkirim, pemohon dapat melakukan langkah sebagai berikut:
Email :
Nama :
Nomor Telepon :
Kantor Imigrasi :Permohononan untuk aktivasi email, dikarenakan tidak mendapatkan OTP Email pada M-Paspor
Pemohon mengirimkan email diatas menggunakan email pemohon yang didaftarkan
kirim ke : dirsistik@gmail.com
Identitas tidak valid
Aplikasi m-paspor menggunakan data administrasi kependudukan (adminduk) yang dimiliki oleh Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil dibawah Kementerian Dalam Negeri dalam proses verifikasi dokumen yang diupload. Hal ini bisa berdampak positif ketika berbicara tentang keamanan dalam hal pengawasan data kependudukan masyarakat. Namun disisi lain, hal ini juga bisa berdampak negative, khususnya ketika data pemohon belum terbarukan di sistem database Adminduk yang menyebabkan munculnya error “identitas tidak validâ€.
Bagi pemohon yang mengalami kendala identitas tidak valid, hal yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terdekat di wilayah domisili pemohon paspor, bisa dengan datang langsung maupun memanfaatkan komunikasi daring melalui media sosial, whatsapp, email, atau pun telepon. Sampaikan atau tanyakan kepada petugas apakah data yang ada di e-ktp dan sistem adminduk sudah terbarukan atau update.
Lokasi kantor tidak muncul
Lokasi kantor terdekat yang tidak muncul ini salah satu permasalahan yang dihadapi banyak pemohon ketika menggunakan aplikasi m paspor. Ada banyak penyebabnya dan salah satunya adalah pemohon memilih paspor elektronik. Sebagian besar Kantor Imigrasi di Pulau Jawa sedang kehabisan blanko paspor elektronik. Sebagai contoh kasus, pemohon yang ada di wilayah Yogyakarta menginginkan untuk mendapatkan paspor elektronik, tapi saat digunakan, kantor imigrasi Yogyakarta tidak muncul dipilihan. Lalu, apa solusinya? Bagi pemohon yang membutuhkan paspor dalam waktu relative singkat, untuk saat ini dapat melakukan penggantian paspor biasa terlebih dahulu. Secara fungsi, paspor biasa dan paspor elektronik adalah sama. Artinya, pemohon tetap dapat bepergian keluar negeri dengan menggunakan paspor biasa.
Itulah beberapa kendala yang kerap dihadapi pemohon paspor saat menggunakan aplikasi m paspor. Bagi Sobat Karyo yang memiliki kendala lain terkait paspor atau layanan keimigrasian lainnya, silakan menghubungi Kantor Imigrasi terdekat.