Ini Yang Harus Dilakukan Saat Status Pembayaran M-Paspor Tidak Berubah

Ini Yang Harus Dilakukan Saat Status Pembayaran M-Paspor Tidak Berubah

Status pembayaran M-Paspor tidak berubah menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat sebagai pemohon paspor saat menggunakan aplikasi pra-pendaftaran antrian paspor. Dengan banyaknya pilihan cara pembayaran permohonan paspor yang didaftarkan melalui aplikasi m-paspor adalah salah satu penyebab terlambatnya perubahan status pembayaran pada aplikasi. Artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai status pembayaran yang belum atau tidak berubah pada aplikasi m-paspor meskipun pemohon paspor sudah melakukan pembayaran, termasuk penyebab dan solusi yang bisa diambil.

Status pembayaran

Aplikasi m-paspor merupakan aplikasi yang wajib digunakan saat masyarakat akan memohon paspor. Tujuan aplikasi ini selain untuk mengatur jumlah pemohon yang dilayani pada kantor imigrasi, juga untuk mempermudah dan mempersingkat proses permohonan paspor. Aplikasi m-paspor mengharuskan pemohon untuk melakukan pembayaran diawal guna mendapatkan kepastian waktu pelayanan paspornya.

Setelah semua proses mengisi data, mengunggah berkas persyaratan serta memilih tempat dan waktu pengurusan paspor, pemohon diberi waktu maksimal 2 (dua) jam untuk melakukan pembayaran jika tidak ingin permohonannya gagal. Berikut status pembayaran yang ada pada aplikasi m-paspor.

Status dan Kode Warna Keterangan
Menunggu kode billing Proses pengisian dan pengunggahan data selesai dan proses penerbitan kode billing untuk pembayaran melalui Simponi sedang berlangsung
Menunggu pembayaran Kode billing telah terbit untuk segera dilakukan pembayaran maksimal 2 jam setelahnya
Sudah terbayar Permohonan paspor berhasil dilakukan
Kadaluwarsa Pembayaran permohonan paspor melebihi batas waktu dan gagal

1. Menunggu kode billing

Proses penarikan atau penerbitan kode billing melalui Simponi Kementerian Keuangan memakan waktu antara 1 – 20 menit. Pemohon paspor diharapkan menunggu dalam kurun waktu tersebut dan dapat me-refresh aplikasi dengan logout (keluar dari aplikasi) dan login lagi (masuk ke aplikasi). Jika dalam kurun waktu tersebut kode billing belum juga keluar, silakan hubungi kantor imigrasi yang dituju melalui whatsapp atau media sosial.

2. Menunggu pembayaran

Proses perubahan status pembayaran inilah yang paling banyak menjadi pertanyaan pemohon paspor. status pembayaran m-paspor tidak berubah walaupun pembayaran sudah berhasil dilakukan oleh pemohon. Tidak seperti aplikasi e-commerce (Tokopedia, Shopee, dkk) yang status pembayarannya langsung berubah saat pembeli berhasil melakukan pembayaran, aplikasi m-paspor membutuhkan setidaknya 1 – 2 jam untuk memperbarui atau mengambil data keberhasilan pembayaran pada Simponi milik Kementerian Keuangan. Yang harus dilakukan jika status pembayaran m-paspor tidak berubah, antara lain:

    • Pemohon diharapkan untuk tidak panik dan berpikiran yang aneh-aneh seperti permohonannya gagal, pembayarannya gagal, atau uangnya hilang. Perubahan status tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Silakan ditunggu saja 1 – 2 jam.
    • Pembayaran sudah lebih dari 2 jam namun belum berubah. Pemohon dapat melakukan dua hal, yaitu menghubungi pihak imigrasi yang dituju saat status pembayaran berubah menjadi “kadaluarsa” dengan warna merah atau langsung datang ke Kantor Imigrasi dengan membawa persyaratan permohonan dan menunjukkan bukti pembayaran kepada petugas sesuai dengan tanggal yang didapat pada aplikasi.

3. Sudah terbayar

Silakan langsung datang sesuai dengan jadwal yang didapat dan tidak perlu menyetak surat pengantar permohonan jika memang tidak bisa diunduh melalui aplikasi.

4. Kadaluarsa

Bagi pemohon yang terlambat melakukan pembayaran, silakan ulangi pengajuan permohonan dari awal. Jika pengajuan permohonan ulang tidak berhasil karena statusnya NIK sedang diajukan permohonan, silakan hubungi kantor imigrasi yang dituju untuk meng-kadaluarsa-kan permohonan.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart