Salah satu alur dalam permohonan paspor adalah pengambilan antrian menggunakan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (APAPO). Pemohon mendaftarkan antrian untuk mendapatkan jadwal pengurusan paspor. setelah mendapatkan jadwal, pemohon datang ke Kantor Imigrasi dengan membawa persyaratan sesuai dengan jenis permohonan paspor yang diajukan. Namun, beberapa masalah muncul dalam penggunaan aplikasi antrian paspor online dan salah satu yang paling sering dihadapi adalah pembatalan antrian oleh pemohon sendiri karena merasa terjadi kesalahan memilih jenis permohonan paspor. lalu apa yang seharusnya pemohon paspor lakukan jika hal ini terjadi? Baca terus postingan ini dan temukan jawabnnya.
Banyak pemohon paspor yang bingung ketika harus memilih jenis permohonan paspor pada APAPO yang berwarna merah khususnya bagi pemohon penggantian paspor. pemohon yang bingung ini justru memilih permohonan paspor baru ketimbang penggantian paspor dan akhirnya ketika pemohon menyadari kesalahan yang dilakukan, beberapa justru memilih untuk membatalkan permohonannya melalui aplikasi APAPO. Hal ini berakibat pemohon harus menunggu satu bulan untuk mengajukan antrian paspor lagi. Bagi yang membutuhkan paspor dalam waktu dekat, hal ini memang menjadi masalah tersendiri ketika harus menunggu satu bulan untuk bisa mengajukan permohonan paspor. lalu apa yang harus dilakukan ketika kamu salah dalam memilih jenis permohonan pada Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online?
Datang Ke Kantor Imigrasi dan Informasikan Kesalahan Pilihan Jenis Permohonan
Satu hal yang perlu dilakukan ketika pemohon paspor salah memilih jenis permohonan adalah untuk tidak membatalkan antrian. Kantor imigrasi memberikan kemudahan dengan “memaklumi†pemohon yang melakukan kesalahan. Jadi, ketika salah memilih permohonan, jangan batalkan antrian tersebut, silakan datang sesuai dengan jadwal yang didapat ke kantor imigrasi dengan membawa semua persyaratan permohonan paspor. setelah tiba di kantor imigrasi, segera informasikan kepada petugas bahwa telah terjadi kesalahan dalam memilih jenis permohonan dengan menunjukkan barcode yang didapat dari APAPO. Hal ini dimungkinkan karena APAPO tidak langsung terintegerasi dengan sistem penerbitan paspor. APAPO digunakan hanya untuk mendapatkan nomor antrian. Nantinya petugas yang akan menginput semua data permohonan paspor.
Kantor imigrasi memberikan kebijakan untuk tetap melanjutkan permohonan paspor ketika pemohon paspor salah memilih jenis permohonan pada APAPO selama pemohon menginformasikan hal tersebut kepada petugas imigrasi.
Jadi, itulah tadi langkah-langkah yang bisa pemohon paspor lakukan ketika terjadi kesalahan dalam memilih jenis permohonan paspor pada APAPO. Jangan batalkan permohonan, datang ke kantor imigrasi,tunjukan barcode yang didapat, informasikan kepada petugas tentang kesalahan pemilihan, dan paspor akan siap setelah semua alur permohonan dilalui.