Tingkatkan Pelayanan Pengaduan, Kantor Imigrasi Karawang Laksanakan Studi Tiru ke Kantor Imigrasi Yogyakarta
Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang melakukan studi tiru ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta pada Jumat (01/12/2023). Studi tiru ini dilaksanakan dalam rangka mempelajari salah satu inovasi Kantor Imigrasi Yogyakarta, yaitu Sepakat Karyo.
Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Imigrasi Yogyakarta, Retno Dewi Banowati dalam sambutannya menyampaikan bahwa yang harus diperhatikan di setiap kantor adalah terkait dengan pengaduan masyarakat.
“Setiap pengaduan dari masyarakat, penggunaan layanan, maupun internal harus dikelola dengan baik dan segera ditindaklanjuti oleh bagian terkait,” ucapnya.
Sepakat Karyo sendiri merupakan Aplikasi Helpdesk Penanganan Pengaduan Masyarakat Kantor Imigrasi Yogyakarta yang diluncurkan pada tahun 2021 lalu dan berbentuk website. Aplikasi Sepakat Karyo dibuat agar masyarakat lebih mudah dalam menyampaikan pengaduan ataupun pertanyaan serta kritik dan saran. Aplikasi Sepakat Karyo dapat diakses melalui website karyo.id/sepakatkaryo.
Widodo Ari Wibowo selaku Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Karawang menuturkan bahwa selama ini di Kantor Imigrasi Karawang menghadapi kendala terkait pengaduan masyarakat, khususnya karena keterbatasan SDM.
“Oleh karena itu kita datang ke Kantor Imigrasi Yogyakarta untuk belajar tentang aplikasi Sepakat Karyo dan bisa mengaplikasikannya di Kantor Imigrasi Karawang,” ujar Ari Wibowo.
Diharapkan dengan adanya studi tiru ini kedua kantor imigrasi dapat saling bertukar informasi dan saling memberikan motivasi serta inspirasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.