
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta telah menyelesaikan pengaduan dari masyarakat hingga Oktober tahun 2022 melalui Aplikasi Sepakat Karyo. Jumlah pengaduan tersebut ada empat puluh dua dan kebanyakan terkait pertanyaan seputar informasi keimigrasian.
Sepakat Karyo sendiri merupakan Aplikasi Helpdesk Penanganan Pengaduan Masyarakat Kantor Imigrasi Yogyakarta yang diluncurkan pada tahun 2021 lalu dan berbentuk website. Aplikasi ini sendiri dibuat Kantor Imigrasi Yogyakarta tidak hanya guna untuk mengikuti kontestasi Pembangunan Zona Integritas menuju meraih Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, akan tetapi lebih dari itu, Aplikasi Sepakat Karyo sendiri dibuat agar masyarakat lebih mudah dalam menyampaikan pengaduan ataupun pertanyaan serta kritik dan saran. Aplikasi Sepakat Karyo dapat diakses melalui website karyo.id/sepakatkaryo.
Sepakat Karyo yang berfungsi untuk meengefisienkan layanan pengaduan masyarakat. Harapannya proses penyampaian aduan dan pemberian respon dapat tersistem dalam satu pintu, langsung dapat diakses oleh pihak atau seksi yang berkaitan, sehingga respon dapat diterima masyarakat dengan cepat. Pendokumentasian aduan juga lebih terstruktur sehingga memudahkan petugas pelayanan pengaduan untuk mengumpulkan bukti administratif.
Sepakat Karyo merupakan salah bentuk komitmen Kantor Imigrasi Yogyakarta dalam menjalankan pelayanan publik yang transparan dan dapat diakses semua pihak. Tentunya hal ini sesuai dengan semangat pemerintah dalam melaksanakan reformasi birokrasi serta sebagai salah satu bentuk perwujudan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.