
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Diah Natalisa, meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Yogyakarta di Balai Kota Yogyakarta pada Kamis (06/10/2022). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Azwar Anas, dalam sambutannya secara virtual menyampaikan MPP bukan hanya etalase, tetap MPP menjadi pusat pelayanan yang terintegrasi dan tentunya akan menjadi legacy bagi Kota Yogyakarta. “Saya bangga sekaligus senang karena MPP ke-70, di Kota Yogyakarta bisa diresmikan pada hari ini. Pesan Bapak Presiden, birokrasi bukan tumpukan kertas tetapi kebijakan yang berdampak, harus lincah dan oleh karena itu maka MPP menjadi salah satu jawaban pelayanan yang lincah cepat dan berdampak,” ucapnya.
Tepat di pukul 14.00 WIB, Azwar Anas datang meninjau langsung pelayanan yang ada di MPP Kota Yogyakarta. Walaupun tidak sempat hadir pada saat peresmiannya di pagi hari dikarenakan masih bertugas di Bali, Azwar sangat antusias meninjau booth-booth layanan yang ada di MPP Kota Yogyakarta, termasuk juga di booth Kantor Imigrasi Yogyakarta.
Untuk menyambut pembukaan MPP Kota Yogyakarta, Kantor Imigrasi Yogyakarta menyelenggarakan Layanan Eazy Passport. Nur Fitriantoro, salah satu pemohon paspor menyampaikan dengan Layanan Eazy Passport ini sangat mudah dalam mengurus paspor. “Kesan dan pesan saya untuk Imigrasi di MPP ini mungkin harinya bisa ditingkatkan setiap hari atau gimana, untuk kemudahan sangat mudah cepat tidak perlu mengantri. Ditingkatkan harinya bisa seminggu dua atau tiga kali,” tuturnya.
Terkait layanan tetap di MPP Kota Yogyakarta, Kantor Imigrasi Yogyakarta menyediakan booth yang melayani beberapa permohonan, seperti perubahan status sipil dan perubahan alamat Orang Asing serta konsultasi informasi terkait Keimigrasian. Selain Imigrasi, di dalam MPP Kota Yogyakarta juga tersedia layanan publik yang diselenggarakan oleh berbagai instansi diantaranya dari dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, Samsat Kota Yogyakarta, Ombudsman DIY, dan beberapa instansi lainnya.
Mal Pelayanan Publik Kota Yogyakarta sendiri sebenarnya telah diluncurkan pada 2021 lalu dan kemudian mengalami revitalisasi pada bulan September tahun 2022. Dilansir dari jogja.antaranews.com, revitalisasi MPP Kota Yogyakarta dilaksanakan dengan memperbaiki loket, mengintegrasikan layanan hingga penambahan fasilitas untuk masyarakat yang sedang mengakses layanan publik. Dengan revitalisasi ini juga MPP Kota Yogyakarta mendukung upaya pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan inklusif sehingga disiapkan ruangan khusus untuk memudahkan warga penyandang disabilitas mengakses layanan.